CONSUMER ACCEPTANCE STUDY OF SEAWEED CUP CAKE (Eucheuma Cottonii)

Asmawati Widya Lestari, Dewita Dewita, Suparmi Suparmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi penerimaan konsumen terhadap cup cake rumput laut. Rumput laut Eucheuma cottonii diperoleh dari pasar kodim, Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan 4 taraf perlakuan 0%, 10%, 20% dan 30%. Hasil penelitian berpengaruh sangat nyata terhadap nilai organoleptik meliputi rupa, rasa, aroma, sedangkan tekstur tidak berbeda nyata dan nilai kimia yang meliputi kadar abu, kadar protein dan kadar serat kasar sedangjan kadar air dan kadar lemak tidak berbeda nyata. Berdasarkan parameter uji perlakuan terbaik cupcake dengan penambahan tepung rumput laut 20% dengan rupa 6,72 warna hijau kecoklatan, rasa 6,69 sedikit manis, aroma 7,00 aroma tepung rumput laut, tekstur 6,73 padat sedikit lembut dan kadar air 18,13 %, kadar protein 14,88 %, kadar lemak 0,26%, kadar abu 1,00 %, serat kasar 4,49 %.

Keywords


Cupcake, Penerimaan konsumen, Rumput laut (Eucheuma cottonii).

Full Text:

PDF

References


Astawan, M., S. Koswara., dan F. Herdiani.2004.Pemanfaatan rumput laut (Eucheumacottonii) untuk meningkatkan kadar iodium dan serat pangan pada selaidan dodol.Jurnal Teknologi dan Industri Pangan XV (1) : 61-69.

Astuti, E. 2009. Pengaruh Jenis Tepung Dan Cara Pemasakan Terhadap Mutu Cake Dari Rumput Laut. Skripsi. Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Perikanan dan Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Buckle, K.A.,1987. Ilmu Pangan. Universitas Indonesia Press.Jakarta.

Damayanti E, Mudjajanto ES. 1995. Teknologi Makanan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menegah. Direktorat Pendidikan menengah Kejuruan Non Teknik II, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fandiyanto, Jessika Erine. 2013. Implementasi Konsep Stylish Homey Pada Interio House Of Cupcake di Surabaya. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra.

Fellows PJ. 2000. Food processing principle and practise. Ellies Horwood Limited, New York.

Hamman J. H. 2008. Compotition and Application of Aloevera eaf Gel. Molecules 13:1599-1616.

Hasanah R. 2007. Pemanfaatan Rumput Laut (Glacilaria sp.) dalam Peningkatan Kandungan Serat Pangan Pada Sponge Cake. [Skripsi]. Teknologi Hasil Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Muchtadi, T. R. dan Sugiyono. 1992. Kadar Serat Pangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Pusat Antar Universitas. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Ningrum, Marlinda Retno Budya. 2012. Pengembangan Produk Cake dengan Substitusi Tepung Kacang Merah.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Raja Anita Lufhiana, 2001. Pengaruh Penambahan Tepung Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) Dalam Jumlah Berbeda Terhadap Karakteristik Mutu Nugget Ikan Patin (Pangasius Hypophthalmus). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau.

Samuel Anggraini,. 2014. Pengaruh Substitusi rumput laut Terhadap Sifat Organoleptik donat. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surabaya: PKK FT Unesa.

Supriadi, C 2004. Suplementasi tepung rumput laut (Eucheuma cottoni) pada proses pembuatan roti tawar dan cookies. Skripsi. Institute pertanian Bogor.

Winarno, F. G. 2004. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/terubuk.48.3.687-698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asmawati Widya Lestari, Dewita Dewita, Suparmi Suparmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.